Soal Esay Tentang Sel


1. Sel merupakan kesatuan structural dan fungsional makhluk hidup. Apakah artinya
Jawab & pembahasan:
sebagai kesatuan structural sel merupakan penyusun yang mendasar bagi tubuh makhluk hidup, sebagai kesatuan fungsional berarti bahwa sel melakukan suatu fungsi atau kegiatan proses hidup seperti: respirasi, ekskresi, transportasi, sintesis, reproduksi, sekresi, dan respon terhadap rangsangan

2. Makhluk hidup yang berukuran besar tetap tersusun atas sel-sel berukuran kecil bukan tersusun atas satu sel yang berukuran besar. Jelaskan hubungan antara ukuran sel dan fungsi sel
Jawab & pembahasan:
Struktur sel dan fungsi-fungsinya secara menakjubkan hampir serupa untuk semua organisme, namun jalur evolusi yang ditempuh oleh masing-masing golongan besar organisme (Regnum) juga memiliki kekhususan sendiri-sendiri.


3. Apa perbedaan antara sel prokariotik dan sel eukariotik?
Jawab & pembahasan:
 sel eukariotik adalah sel yang mempunyai membrane inti sel, sedangkan sel prokariotik adalah sel yang tidak mempunyai membrane inti
4. Jelaskan model mozaik cair sebagai struktur membrane plasma
Jawab & pembahasan: 
Model mozaik cair membran sel menyatakan bahwa protein tersebar dan masing – masing terselip atau terbenam di fosfolipid bilayer. Molekul protein dan lemak itu tidak statis, melainkan senantiasa bergerak. Dapat dibayangkan molekul lemak sebagai “benda cair” yang diatasnya dan didalamnya terdapat molekul protein yang “berenang – renang”. Itulah sebabnya disebut membran mozaik cair.

5. Jelaskan fungsi glikolipid pada membrane plasma
Jawab dan pembahasan:
Karbohidrat yang berikatan dengan lemak (glikolipid) merupakan struktur penting dari membran sel. Selain itu glikolipid menyusun struktur antigen golongan darah yang dapat menimbulkan reaksi imunologis.Peran dan fungsi glikolipid antara lain sebagai sumber energi cadangan, sebagai komponen yang menyusun permukaan luar membran sel, melindungi isi sel, mengatur keluar masuk molekul dan sebagai reseptor.

6. Mengapa sel darah merah mengalami krenasi jika diletakkan dalam medium pekat (larutan hipertonik) ?
Jawab dan pembahasan:
jika darah yang bersifat encer diletakkan dalam medium yang lebih pekat maka akan terjadi krenasi yang merupakan peristiwa keluarnya cairan dari sel darah merah karena osmosis

7. Sel hewan apabila dimasukkan ke dalam larutan gula 10% akan memberikan respon yang berbeda. Jelaskan perbedaan respon tersebut? Mengapa respon tersebut terjadi?
Jawab dan pembahasan:
 Respon berbeda tgantung konsentrasi cairan sel. Sel menggembung krn air dlm sel masuk atau memgerut krn air keluar. Jk cairan sel hipotonis(konsentrasi lbh rendah) drpd larutan gula, maka air akan keluar sel. Jk cairan sel hipertonis, air dr larutan gula akan masuk ke dlm sel. Yg kluar-masuk hny air krn molekul gula tdk bs melewati membran sel.

8. Bila sel dalam keadaan isotonik, apakkah terjadi transport zat ke dalam dan keluar sel?
Jawab dan pembahasan:
Jika isotonis maka tdk akan terjadi transport zat/air, krn konsentrasi sdh sama & tdk perlu ada zat/air yg dipindahkan utk menyeimbangkan konsentrasi larutan antara di dlm & di luar sel.

9. Mengapa sel darah merah mengalami hemolisis jika ditempatkan pada lingkungan yang hipotonik?
Jawab dan pembahasan:
 Di dlm lar hipotonik air akan masuk ke dlm sel darah utk menyeimbangkan konsentrasi(krn zat/molekul darah tdk bs keluar melewati membran sel darah), masukñ air terus-menerus membuat sel menggembung & menekan kearah luar shg hemoglobin hancur/tpisah dr sel darah merah(hemolisis)

10. Mengapa membrane plasma juga perlu melakukan transport aktif? Apakah transport pasif saja tidak cukup?
Jawab dan pembahasan:
Karena molekul spt glukosa/asam amino tdk bs melewati membran semipermeabel dgn transpor pasif (difusi/osmosis). Supaya bs lewat maka diperlukan energi pengaktifan(ATP) melibatkan ion Na, K, & protein kotransfer agar zat tsb bs melewati membran. Itulah yg disebut transpor aktif. Hal ini misalñ tjd saat pengangkutan air dr korteks ke silinder pusat melalui endodermis

6 komentar:

  1. thanks info lengkapnya ^_^

    BalasHapus
  2. ini bisa buat contekan tugas biologi saya.thanks gan....

    BalasHapus
  3. saya mau nanya nih gan...
    kenapa sel eukariotik lebih besar daripada sel prokariotik
    send di vadylav24@gmail.com

    BalasHapus
  4. @fadhillah fitria: karena sel prokariotik tidak memiliki membran inti,sedangkan sel eukariotik mempunyai membran inti.

    BalasHapus
  5. maulana ibrahim22 Januari 2014 19.02

    pnjng ky mna aku ni!!!

    BalasHapus