Dari Manakah Asal Gemertak Suara Ruas Jari

Tentu kita tahu bahwa beberapa bagian ruas jari dan sendi akan menghasilkan suara saat ditekuk, ditarik, atau diputar, bergantung jenis sendinya. Melakukan ini di sela-sela waktu luang tentu menyenangkan dan menjadi hiburan tersendiri. Tapi, apakah kita tahu bagaimana suara tersebut terbentuk ?
     Ternyata pada ujung-ujung tulang yang membentuk sendi, dilapisi selaput sendi atau membran sinovial yang menghasilkan membran sinovial. Cairan ini berfungsi layaknya pelumas sehingga gesekan ujung-ujung tulang, daging, dan otot tidak menimbulkan rasa sakit. Minyak sinovial juga mengandung berbagai jenis nutrisi dan campuran gas oksigen, nitrogen, dan karbon dioksida.
    
Letusan Gas dan Pergeseran Jaringan
     Nah, saat mematah-matahkan tangan, ruangan cairan di sekitar sendi akan meregang. Karena regangan itulah, gas di dalam cairan akan dilepaskan. Letusan gas-gas itulah yang menghasilkan bunyi di persendian. Menurut para ilmuan, cairan sendi harus menyerap gas kembali beberapa saat sebelum kita dapat membuat bunyi yang sama.
     Tendon dan ligamen juga penyebab timbulnya suara. Jaringan lunak di persendian ini mirip dengan karet yang mengikat otot dengan ujung-ujung tulang agar tidak lepas. Begitu pula dengan ligamen yang menghubungkan tulang dengan tulang lainnya.
     Saat persendian digerakkan, kadang-kadang tendon dan ligamen lepas dari tempatnya, namun segera kembali. Misalnya, saat lutut berbunyi karena berdiri dari posisi duduk.

5 komentar:

  1. Hmm..
    jAdi patah-patah Donkz tulangx..
    hehehe
    Berkunjung malam hari

    BalasHapus
  2. @ MaPhia BlacK ; gak patah mbak tulangnya mbak, itu cuma gas dalam rongg yang dilepas. tengkuyu mbak maphia

    BalasHapus
  3. ini juga berhubungan dg prinsip fisika lo..he

    BalasHapus
  4. bukannya gas karbondioksida itu bersifat toxic bagi tubuh ? jadi harus dikeluarkan dari tubuh.. lalu kenapa malah disimpan dalam cairan sinovial ?

    BalasHapus
  5. aku kira karena gesekan, ternyata gas penyebabnya.
    Terima kasih sudah berbagi.

    Kunjungi: Pengertian, Jenis dan Keuntungan Mekanis Katrol

    BalasHapus