Percobaan Biogenesis

EXPERIMENT BIOGENESIS

Pendahuluan
Dahulu orang beranggapan bahwa makhluk hidup dapat muncul secara tiba-tiba. Bahkan Jan Baptist Van Helmont memberikan resep khusus untuk membuat tikus dengan menempatkan bituran gandum yang ditutupi dengan kain using pada pojok kamar dalam waktu 21 hari karena akan terbentuk tikus. Seperti halnya angsa dapat berasal dari pucuk tumbuhan yang terbenam dalam kolam. Konsep tersebut dianut dalam kurun waktu cukup lama bahkan secara tidak sengaja sekarangpun masih di anut. Pernahkan anda mendengar ‘jangan makan kelapa karena nanti akan menyebabkan kita terkena cacing kremi’ karena dianggap bahwa cacing kremi berasal dari kelapa. Teori tersebut dikenal dengan Generatio Spontanea.
FRANSISCO REDY
Pada tahun 1668, Fransisco Redi mencoba untuk melakukan eksperimen terkontrol untuk menunjukkan dari mana makhluk hidup berasal. Hasil menunjukkan bahwa larva lalat berasal dari telur lalat yang sebelumnya telah hinggap pada daging. Cara yang ditempuh adalah sebagai berikut:
Gambar  Eksperimen Francisco Redi


LAZZARO SPALANZANI
Lazarro Spalanzani, juga melakukan eksperimen terkontrol lainnya. Cara yang ditempuh dengan memanaskan kaldu pada tabung tertutup yang dibandingkan dengan kaldu yang dipanaskan, tetapi dibiarkan terbuka. Pada akhir pengamatan kaldu menjadi keruh karena organisme yang berasal dari udara. Langkah yang ditempuh ini memberatkan kelompok teori generatio spontanea karena tertutupnya tabung menyebabkan ‘zat hidup’ tidak dapat masuk.
LOUIS PASTEUR
Sampai pada tahun 1800, Louis Pasteur mampu menunjukkan hasil yang menakjubkan yaitu bahwa makhluk hidup tidak berasal dari benda tidak hidup, sehingga menumbangkan teori generatio spontanea. Cara yang ditempuh dengan memanaskan kaldu pada labu berbentuk leher angsa dan membiarkannya sampai beberapa waktu, ternyata labu tersebut tetap steril dari mikroorganisme, kecuali jika labu tersebut digulingkan sampai kaldu menyentuh leher tabung yang berbentuk huruf ‘S’. Fakta-fakta yang dikemukakan oleh F. redi, L Spalanzani dan L Pasteur dengan serangkaian eksperimennya memperkuat munculnya teori tentang asal usul kehidupan, yaitu teori biogenesis.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar